Sabtu, 02 Mei 2009

Cara Mudah dan Asyik Belajar Matematika Pecahan


Berhitung pecahan dapat saja menjadi masalah berat bagi para siswa. Tetapi bila kita mengetahui cara yang tepat untuk mengajarkan pecahan maka pecahan akan menjadi materi pelajaran yang mengagumkan. Berikut ini adalah beberapa pengalaman kami di APIQ yang semoga dapat berguna bagi kita bersama.

1. Kenalkan konsep pecahan dengan bantuan visualisasi. Kami di APIQ mengenalkan pecahan dengan bantuan mainan lingkaran milenium. Mainan ini berupa lingkaran yang dipotong-potong menjadi pecahan 1/2, 1/3, 1/4 dan seterusnya. Kami juga memanfaatkan dadu milenium untuk mengenalkan pecahan. Lebih tepatnya, dadu milenium memperluas makna pecahan kepada perbandingan.

2. Jangan buru-buru mengenalkan konsep abstrak pecahan. Tetaplah santai dengan permainan pecahan dulu. Setelah kita yakin anak kita menguasai konsep pecahan melalui permainan secara alamiah mereka akan tertantang untuk belajar konsep abstrak tentang pecahan. Inilah waktu yang tepat mulai masuk ke notasi matematika pecahan.

3. Gunakan istilah pecahan yang memudahkan. Terima istilah apa saja yang memudahkan siswa. Misal 1/2 akan lebih bagus kita baca satu per dua bukan seperdua. Beberapa anak mungkin sudah akrab dengan menyebutnya setengah - tidak masalah. Sedangkan 1/3 sebaiknya kita baca satu per tiga bukan sepertiga. Kedua cara baca di atas sama benar. Tetapi membaca dengan sebutan “satu” lebih konsisten dari sebutan “se”. 1/4 adalah satu per empat, 1/5 adalah satu per lima, dan seterusnya.

sumber (aritmatika)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar